Ini Daftar Makanan yang Meringankan Nyeri Haidh

Normalnya, bagi kaum Hawa yang belum menopause tidak bisa menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan full. Karena setiap bulannya, wanita mendapatkan siklus bulanan menstruasi. Artinya, wanita tidak boleh berpuasa karena haidh menjadi pantangan puasa. Nantinya, mereka wajib mengganti di waktu lain seusai bulan Ramadan.



Haid identik dengan rasa tidak nyaman di sekujur tubuh. Sakit pada punggung, nyeri perut, sakit kepala, hingga mual menjadi dampak yang biasa terjadi pada wanita yang mengalami haid. Namun, setiap wanita biasanya merasakan gejala yang berbeda, bisa terjadi dalam waktu singkat, atau justru dalam beberapa hari saat siklus.

Percaya atau tidak, ternyata ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman ketika haid lho, yaitu mengganti pola diet. Ada beberapa jenis makanan untuk melancarkan haid, membantu kamu mendapatkan kembali suasana hati yang baik, dan mencegah perut terasa begah dan kembung. Apa saja?

1. Pisang
Menstruasi bisa membuat kamu diare dan sembelit. Jika kamu mengalami hal tersebut, segera konsumsi buah pisang. Ada kandungan besar magnesium, potasium, dan serat pada buah berwarna kuning ini yang membantu pergerakan usus, juga berperan dalam mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, magnesium dikenal sebagai senyawa untuk mengurangi rasa kram pada perut.

2. Jeruk
Buah berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan haid adalah jeruk. Vitamin D dan kalsium pada jeruk membantu menghilangkan kecemasan dan mengurangi depresi. Ketika dikonsumsi, dua kandungan ini mengurangi kram dan rasa sakit serta membuat kamu merasa lebih baik sepanjang hari. Jeruk juga kaya serat yang baik untuk pencernaan.

3. Telur
Telur menjadi makanan untuk melancarkan haid yang paling sehat. Kuning telur mengandung banyak zat besi, vitamin yang larut dalam lemak, asam lemak esensial, dan protein yang secara keseluruhan bermanfaat untuk menu ketika kamu sedang haid. Namun, waspada, telur rebus bisa menyebabkan perut kembung dan mulas bagi kamu yang memiliki perut sensitif. Telur baik dikonsumsi setiap hari untuk membantu melancarkan haid.

Baca juga: Haid Tidak Lancar Saat Puasa, Atasi dengan 3 Cara Ini

4. Cokelat Hitam
Kamu penyuka cokelat? Saat haid, makanan ini menjadi rekomendasi untuk membuat menstruasi lebih lancar. Cokelat menjadi makanan penghibur dan pelepas stres yang direkomendasikan. Namun, cokelat yang kamu konsumsi sebaiknya coklat hitam, bukan cokelat lain seperti permen yang mengandung banyak gula. Cokelat olahan membuat kamu rentan diabetes dan kegemukan.

5. Brokoli
Kamu sering kelelahan ketika sedang menstruasi? Jika iya, coba konsumsi brokoli. Tidak suka? Coba cara olahan lain yang mungkin akan menggugah selera kamu, mungkin bisa direbus, dipanggang, atau melumatkannya sebagai campuran dalam smoothies. Serat dan nutrisi lain dalam brokoli membantu mengurangi sebagian zat besi yang hilang karena menstruasi.

6. Jahe
Secangkir teh jahe yang hangat terbukti efektif untuk meringankan gejala menstruasi tertentu. Jahe juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan otot-otot yang pegal saat haid. Jahe juga dapat mengurangi mual yang kadang-kadang muncul saat seorang wanita sedang mendapatkan siklus bulanannya. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi jahe ya. Pasalnya, konsumsi jahe lebih dari 4 gram dalam satu hari dapat menyebabkan sakit maag dan sakit perut.


Itu tadi enam makanan untuk melancarkan haid yang bisa kamu konsumsi, supaya haid berlangsung tanpa kendala, dan kamu bisa segera kembali puasa. Selamat mencoba..

Posting Komentar

0 Komentar